you're reading...
Islam

Bulan Sabit Di Atas Eiffel

Perjalanan Batin Seorang Musisi Mualaf Prancis

Perjalanan Batin Seorang Musisi Mualaf Prancis

Pemenang Prix Laurence Trân 2004

Penghargaan bagi Karya Penulis Muda yang Berkontribusi bagi Hubungan Antar-Budaya

“Abd al Malik adalah rapper Prancis yang menjunjung tinggi moral.” BBC London

Régis menjalani masa kecil yang kelam. Dari tanah airnya, Kongo, keluarganya menuju Prancis demi mengejar impian ayahnya. Ternyata sang ayah malah menelantarkan mereka. Tinggallah sang ibu terpaksa seorang diri membesarkan enam anak di kawasan kumuh yang rawan kejahatan.

Meskipun tergolong cerdas, Régis tidak luput dari pengaruh lingkungannya. Dia pernah mencoba segala macam kejahatan: mencopet, menjambret, mencuri, bahkan menjadi pengedar narkotika. Meskipun demikian, hati kecilnya selalu gelisah mencari makna hidup. Sebagian jawaban ditemukannya melalui musik rap yang dapat menyuarakan protesnya terhadap dunia. Namun, kedamaian batin baru dia rasakan setelah mengenal Islam. Régis pun menjadi Abd al Malik.

Menjadi Muslim bukanlah akhir pencariannya. Awalnya dia mantap dengan pilihannya bergabung dengan sebuah kelompok Islam puritan. Seiring waktu dan karirnya yang semakin menanjak, bertambah tajam benturan antara iman dan karya musiknya. Haramkah musik yang dia mainkan? Haruskah dia memilih antara musik dan agamanya? Dia juga merasa paham Islam yang diikutinya terlalu eksklusif dan sempit. Abd al Malik melakukan pengembaraan intelektual, berdialog dengan tokoh-tokoh Muslim seperti Tariq Ramadan, Yusuf Islam (Cat Stevens), hingga ke Maroko dan bergabung dengan tarekat Sufi. Akhirnya Abd al Malik merasa menemukan apa yang dicarinya: Islam yang menebarkan kasih sayang dan menghargai keindahan karya manusia.

“Islam membuat Abd al Malik berhasil menemukan jati diri dan bangkit setelah mengalami masa paling suram.” Tempo, 18 Desember 2005

About Bukudiskon

www.bukudiskon.com adalah toko buku online berbasis komunitas dengan harga termurah.

Discussion

No comments yet.

Tulis komentar anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: