you're reading...
Berita, Buku Baru, Sosial Politik, Sosial-Politik dan Hukum

Perencanaan Partisipatif Pemerintah Daerah

Sejak Reformasi 1998, pemerintah daerah kabupaten/kota mendapatkan kewenangan yang sangat besar. Pemerintah daerah memiliki otonomi luas dan utuh. Dengan demikian, pemerintahan kabupaten/kota menjadi subjek penentu penciptaan kesejahteraan masyarakat. Akan tetapi, kewenangan yang besar membuat pemerintah kabupaten/kota harus mampu mengidentifikasi dan merumuskan masalah warganya. Hal ini diperlukan untuk membuat kebijakan yang berorientasi pada kepentingan warga. Untuk itu, kemampuan membuat perencanaan pembangunan menjadi perencanaan yang sangat penting.

Buku Perencanaan Partisipatif Pemerintah Daerah ini berisi model perencanaan partisipatif sehingga buku ini dapat dimanfaatkan oleh pemerintah kabupaten/ kota sebagai panduan praktis, baik bagi pemangku kepentingan maupun bagi stakeholder. Dengan demikian, buku ini membuat perencana pembangunan daerah (khususnya kabupaten/kota) mampu mengembangkan pola pikir, mendefinisikan masalah warga, mendesain perencanaan, membahas forum musyawarah perencanaan pembangunan, dan membuat dokumen perencanaan pembangunan.


About Bukudiskon

www.bukudiskon.com adalah toko buku online berbasis komunitas dengan harga termurah.

Discussion

One thought on “Perencanaan Partisipatif Pemerintah Daerah

  1. Saya belum membaca buku ini karena sampai saat ini belum bisa menemukannya di toko buku yang ada di Jogja.
    Namun, dari judulnya saya rasa sangat menarik karena aparatur daerah sangat membutuhkan referensi dalam membuat perencanaan dan anggaran daerah.
    Berdasarkan pengalaman saya selama ini mengajar pelatihan dan pendampingan di Pemda, persoalan mendasar adalah kurangnya kesempatan bagi aparatur daerah untuk memperoleh pemahaman yang benar ttg pengelolaan keuangan daerah. Berbagai permasalahan dan kebutuhan Pemda terkait hal ini saya jabarkan di blog saya: http://syukriy.wordpress.com.

    Terima kasih.

    Posted by syukriy | 07/08/2009, 11:46 am

Tulis komentar anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: