you're reading...
Berita, Buku Baru, Fiksi, Filosofi, Hot News, Islam, Kisah-kisah, Psikologi, Relijius, Sosial Budaya

Lost Butterfly

Lost Butterfly

Lost Butterfly

Novel ini berkisah tentang dosen muda yang memiliki banyak kelebihan. Cerdas, religius, mudah bergaul, dan santun. Dengan kapasitas intelektual yang mumpuni, Arman telah mengerahkan sebagian besar energinya untuk tujuan reorientasi nilai-nilai kemanusiaan. Bukankah sesama manusia mestilah memiliki obsesi yang kuat untuk meringankan penderitaan sesama?Karena hal ini merupakan bentuk tertinggi pengagungan akan Tuhan.

Berangkat dari keyakinan tersebut maka semua problematika umat manusia di manapun dan kapanpun tentu bisa dipecahkan dengan dalil rasional dan tekstual. Islam adalah agama sempurna yang mampu memberikan solusi adil dan bijak terhadap semua tantangan zaman dan persoalan kehidupan di setiap waktu.

Arman tampak fasih dalam mengulas berbagai masalah, bahkan isu-isu kontemporer sekalipun, misalnya tentang sex change (ganti kelamin). Argumentasi tekstual yang digunakan Arman dalam problem transgender adalah bahwa Tuhan ketika menciptakan manusia di planet bumi ini hanya menghendaki dua jenis kelamin, laki-laki dan perempuan. Namun ketika ada yang lahir menderita ambigus genitalia (memiliki jenis kelamin ganda), maka harus memilih salah satunya, laki-laki atau perempuan – sesuai dengan kecenderungan hatinya – jelas hal ini mendukung kehendak Tuhan. Nah, orang yang melakukan operasi ganti kelamin otomatis telah memilih jenis kelaminnya maka secara rasional telah memilih jalan yang dikehendaki Tuhan. Yang tidak dibenarkan dalam agama (baca: islam) adalah seorang laki-laki berlagak dan berpakaian seperti perempuan, atau sebaliknya.

Kesimpulan yang bisa diambil dari pandangan Arman adalah bahwa operasi ganti kelamin hukumnya netral. Bisa haram ketika dilakukan dengan tujuan salah, seperti untuk tujuan komersial, atau untuk memenuhi kepuasan hawa nafsu hewaniah yang menyimpang. Dan sebaliknya apabila dilakukan dengan tujuan yang benar maka hukumnya wajib. Artinya ketika seseorang melakukan operasi ganti kelamin dalam rangka untuk menegaskan identitas dirinya, maka hal ini dibenarkan dalam agama.

Novel ini adalah karya yang dirancang khusus untuk mengedepankan diskursus transgender yang selalu aktual, dan tak lekang digerus deru zaman. Mesti demikian kisah cinta Arman dengan figur wanita cantik yang bernama Maria memiliki daya pikat tersendiri. Siapa Maria?! Apa yang membuat Arman begitu penasarannya dengan sosok Maria?Apakah cinta mereka bermuara pada pernikahan?!

Cinta dalam novel ini cukup menyedot empati, sekaligus menyayat hati, bahkan mengguncang perasaan. Sebelum “berpisah”, Maria sempat menulis beberapa baris puisi, Tlah kucari di setiap kebun dan taman/ kutanya setiap pelukis dan seniman/ tlah kuterjang badai/ kutangkal surya/ lalu kurajut sahara/ tapi…./ mana puisiku/ mana kasturiku/ mana cintaku?/ Tuhanku, raih tanganku dari jurang ‘putus asa’/ hadapkan wajahku pada diriMU/ nyalakan semangat dalam relung jiwaku………….. Temukan kisah selanjutnya, dalam novel ini……..

About Bukudiskon

www.bukudiskon.com adalah toko buku online berbasis komunitas dengan harga termurah.

Discussion

One thought on “Lost Butterfly

  1. novelnya sepertinya menarik,
    bisa dijadikan target bacaan untuk bulan depan nih😀

    Posted by Tupperware Promo | 10/04/2011, 1:13 pm

Tulis komentar anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: